Inilah Jenis Minyak Atsiri yang Bermanfaat untuk Tubuh Agar Tidak Gampang Sakit

Inilah Jenis Minyak Atsiri yang Bermanfaat untuk Tubuh Agar Tidak Gampang Sakit

Minyak atsiri atau essential oil sudah sejak lama dikenal mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Tidaklah mengherankan bila minyak atsiri ini semakin digemari apalagi pada masa pandemi. Selain menjaga pola makan dan olahraga, menggunakan minyak atsiri juga dapat membantu menjaga imunitas tubuh.

Cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini pun tentunya tidak baik untuk tubuh apalagi dengan aktivitas yang padat. Minyak ini bisa menjadi solusi praktis untuk itu. Beberapa varian minyak atsiri dikenal ampuh membunuh mikroba dan bakteri di dalam ruangan.

Sekarang sudah semakin banyak produk dari minyak atsiri tersedia di pasaran dengan harga terjangkau dan tentunya dengan beragam manfaat. Nah, jenis minyak atsiri apa saja yang sangat baik untuk tubuh, berikut daftarnya :

1. Eucalyptus atau Kayu Putih

Minyak Eucalyptus

Minyak atsiri kayu putih atau eucalyptus tidaklah sama dengan minyak kayu putih yang sering kita pakai. Untuk mereka yang memiliki kulit sensitif dianjurkan menggunakan carrier oil. Mengapa? Karena minyak atsiri kayu putih adalah minyak murni, tidak dianjurkan untuk digunakan langsung.

Penggunaan dengan cara diuapkan minyak dapat membantu hidung yang tersumbat karena penyakit sinus dan meringankan rasa sakit. Aromanya menenangkan mampu melegakan pernapasan. Varian essential oil ini juga bisa meredakan gejala flu, seperti pusing, hidung tersumbat dan bersin.

2. Minyak Lavender

Minyak atsiri lavender merupakan minyak yang paling banyak digunakan. Ekstrak lavender bersifat antivirus dan antibakteri yang bisa mendukung sistem imun pada tubuh. Selain itu, kandungannya juga bisa menangkal radikal bebas serta meredakan stres.

Anda bisa gunakan minyak ini pada malam hari untuk kualitas tidur yang lebih baik. Aroma khas minyak ini sangat dibenci oleh nyamuk dan serangga. Cukup dengan mengisi diffuser Anda dengan minyak lavender, maka nyamuk dan serangga tidak akan mendekat.

3. Minyak Lemon

Lemon oil

Minyak lemon atau lemon oil bisa menjadi stimulan dan bisa mengobat virus influenza dan membunuh bakteri E.coli. Lemon mampu memberikan kekebalan tubuh apalagi di saat cuaca dingin. Aromanya yang lembut juga bisa menghilangkan mual akibat beberapa penyebab.

Bukan hanya untuk kesehatan, essential oil lemon juga bisa dicampurkan ke dalam cairan pembersih. Campuran minyak esensial lemon bisa membuat alat makan, lantai, dan pakaian lebih bersih dan harum. Pastinya, semua barang jadi bebas bakteri.

Baca Juga : Manfaat Minyak Atsiri, Salah Satunya Untuk Mencegah Covid-19

4. Minyak Peppermint

Peppermint oil

Minyak peppermint merupakan minyak atsiri yang kaya akan manfaat. Peppermint ini bersifat antimikroba, antivirus, dan antioksidan yang kuat. Kandungan fitonutrien yang terdapat dalam minyak ini mampu menurunkan kerusakan sel dan melawan paparan radikal bebas. Ini sangat baik dalam menjaga imun tubun dan kesehatan kulit.

Aromanya yang segar, memberi sensasi sejuk dan kesemutan pada kulit setelah aktivitas fisik yang berat. Selain itu, bahan yang aktif seperti mentol dan menthone dalam minyak mampu menenangkan sistem pernapasan dan meredakan hidung tersumbat.

5. Minyak Oregano

Minyak Oregano adalah minyak atsiri yang terbuat dari tanaman oregano yang memiliki khasiat untuk penyembuhan. Meski dikenal sangat populer sebagai penyedap masakan, minyak oregano ternyata memiliki kemampuan antimikroba, antivirus dan antijamur.

Senyawa dalam minyak oregano juga merupakan antioksidan yang kuat, antiinflamasi, antidiabetik, dan penekan kanker. Senyawa ini mengukuhkan minyak oregano sebagai salah satu antibiotik alami paling kuat.

6. Sereh

Sereh atau lemongrass dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubu maupun menetralkan udara. Memiliki komponen utama yang disebut dengan limonene, minyak atsiri sereh mampu melawan infeksi bakteri, jamur dan virus.

Sereh di Indonesia juga merupakan obat demam yang digunakan dalam pengobatan tradisional. Sereh secara baik meningkatkan sistem kekebalan dengan membantu tubuh menyerap nutrisi dengan lebih efisien, karena salah satu fungsi utam sereh adalah meningkatkan sistem pencernaan.

7. Tea tree


Minyak tea tree diketahui telah digunakan sebagai pengobatan oleh kaum Aborigin ribuan tahun lamanya. Tea tree juga diketahui memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat menangkal berbagai penyakit lainnya. Sifat antiseptik yang dimiliki membuat minyak tea tree efektif untuk mengobati luka dan mempercepat penyembuhan.

Sebagai antivirus, konsentrasi rendah minyak tea tree juga telah terbukti menghambat sejumlah virus, termasuk virus influenza. Oleh karenanya minyak tea tree sangat baik untuk tubuh. Minyak ini pun sangat baik sebagai disinfektan udara, dan membunuh berbagai kuman penyebab penyakit ketika diuapkan.

Itulah minyak atsiri yang bisa membantu Anda agar tidak gampang sakit. Beragam khasiat dari minyak tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk Anda di saat cuaca tidak menentu seperti sekarang. Bagi Anda yang membutuhkan minyak atsiri seperti yang disebutkan di atas Anda bisa mendapatkan di PT Atsiri Jamalindo.

PT Atsiri Jamalindo sebagai perusahaan jasa maklon dan supplier minyak atsiri terbesar siap menyediakan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin menjadi reseller atau membuat produk sendiri kami bisa memberikan yang terbaik. Hubungi kami sekarang dan dapatkan benefit yang tidak Anda dapatkan di tempat lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan?
Butuh Minyak Atsiri Terbaik Untuk Kesehatan Anda?