Inilah Rahasia Membuat Pelanggan Datang Ke Toko Online Kamu

Inilah Rahasia Membuat Pelanggan Datang Ke Toko Online Kamu

Setelah membuka toko online, pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah, “Bagaimana sih caranya mendapatkan banyak pelanggan ke toko online saya?”. Proses untuk menemukan dan mendapatkan pelanggan merupakan tantangan yang pastinya ditemui oleh pebisnis online pemula.

Sebagai pebisnis online, momen paling berkesan adalah saat kamu mendapatkan konsumen pertama, kedua dan lebih banyak lagi. Kamu menjadi sangat senang karena pada akhirnya ada orang yang mau membeli dan menggunakan produk kamu. Ini akan jadi pemacu untuk kamu semangat berjalan.

Untuk bisa mendatangkan banyak konsumen ke toko online kamu, berikut 8 tips yang harus kamu lakukan :

1. Kenali Target Pembeli

Mengenali target pembeli adalah hal yang wajib kamu harus ketahui ketika pertama kali membuka toko online. Mendapatkan pembeli yang baru bisa lebih mudah jika kamu sudah menetapkan target pasar kamu. Misalnya jika kamu berjualan hijab maka target pasarmu adalah wanita dengan segmentasi usia remaja hingga dewasa. Jika ini sudah kamu lakukan, promosi kamu akan efektif dan efisien.

2. Mulai Dari Orang Terdekat

Memulai dari orang terdekat adalah cara termudah untuk memperkenalkan toko online kamu. Bisa dimulai dari keluarga, teman-teman, tetangga, saudara, dan lainnya. Mereka yang sudah mengenal kamu biasanya akan lebih mendukung usaha yang kamu jalankan. Kalau pun tidak membeli, mereka akan mengenalkan toko online atau produkmu ke orang lain.

3. Beri Nama, Foto, dan Deskripsi Produk dengan Jelas

Kejelasan informasi terhadap yang terkait dengan toko online kamu adalah hal yang sangat penting bagi konsumen untuk melakukan transaksi. Sertakan semua secara rinci dari nama toko/produk, foto, alamat dan lainnya. Jangan lupa juga cantumkan keunggulan produk kamu.

4. Promosi

Pastinya semua orang sangat menyukai adanya potongan harga dan juga promo yang menarik. Secara psikologis memang orang akan senang dengan aspek promosi ini. Maka buatlah promosi yang menarik untuk toko online kamu. Kamu bisa berikan harga untuk calon konsumen sehingga merangsang mereka untuk melakukan pembelian pertama.

Baca Juga : Untung Berlipat, Inilah Ide Program Loyalitas Untuk Pelanggan Anda

5. Email marketing

Salah satu aspek marketing yang sering dilupakan adalah email marketing. Padahal cara ini bisa menjadi solusi yang murah dan sangat efektif untuk menarik konsumen. Survei membuktikan bahwa 71% responden yang dikirimkan penawaran via email selalu ingat email yang mereka dapatkan. Kamu bisa mengirimkan informasi mengenai promosi, produk baru atau tips kepada para pelanggan kamu.

6. Bergabung di Forum Online

Kamu bisa bergabung di forum-forum diskusi online yang populer sesuai dengan segmentasi dari produk kamu. Di sana, kamu bisa mengenalkan bisnis kamu, berbagi tips dan membantu menjawab pertanyaan dari sesame anggota forum. Pastikan ikuti peraturan tiap-tiap forum saat mempromosikan toko online kamu ya!

7. Lebih Aktif di Sosial Media

Setelah bergabung di forum online kali ini lebih spesifik lagi. Ya, channel dari social media tentu saja tidak bisa kamu lewatkan. Buatlah lah akun khusus dan laman khusus (fanspage) untuk toko online kamu. Pastikan update dengan informasi produk kamu yang bisa menarik perhatian konsumen. Kamu juga bisa pakai ads agar toko online kamu makin dikenal.

8. Customer Service

70% pengalaman berbelanja online didasarkan pada bagaimana konsumen merasa dilayani. Maka ini yang kamu harus perhatikan untuk semua konsumen kamu. Pastikan kamu memberikan layanan terbaik kepada konsumen kamu dan bahkan kamu bisa memberikan loyalty program sebagai penghargaan untuk semua konsumen kamu

Baca Juga : Saatnya Go Digital, Ini Keunggulan E-Commerce Untuk Bisnis Online Anda

https://atsirijamalindo.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan?