Ketahui Cara Lebih Dekat Dengan Konsumen, Ini 5 Langkah Mudahnya

Ketahui Cara Lebih Dekat Dengan Konsumen, Ini 5 Langkah Mudahnya

Para pebisnis pastinya mengerti bahwa sangat penting untuk mengetahui mengenai siapa konsumen yang akan menjadi target. Hal ini dibutuhkan pemahaman yang mendalam bagi para pebisnis dalam meraih target-target penjualan mereka

Mengenal dan juga memahami konsumen adalah langkah awal untuk sukses dalam berbagai bisnis. Berikut akan tips untuk Anda para pebisnis agar bisa lebih mengenal dan juga memahami konsumen lebih baik lagi.

Gali Informasi

Menggali info mengenai konsumen atau pembeli adalah langkah awal dari dari bisnis Anda.  Hal ini sangat krusial karena, tentunya sebagai pebisnis, Anda harus mengetahui bagaimana perilaku target pasar. Perilaku target pasar Anda bisa diketahui melalui bagaimana mereka berinteraksi.

Melalui mesin pencari seperti Google banyak  orang-orang belajar bagaimana memanfaatkan kekuatan internet untuk menggali informasi mengenai banyak hal. Anda bisa memanfaatkan mesin pencari ini sebagai media untuk menggali informasi, bisa berupa interaksi maupun percakapan.

Membangun Loyalitas

Loyalitas atau biasanya berbentuk dalam program loyalitas dibuat untuk mempertahankan konsumen atau brand advocatee setia Anda. Tujuannya tentu adalah agar konsumen Anda melakukan pembelian yang berulang atau repeat order.

Jika Anda memiliki database, Anda bisa membuat program loyalitas ini. Atau melakukan hal yang bisa dianggap bernilai. Misalnya, dengan member bonus atau kartu ucapan terima kasih kepada mereka yang sudah berlangganan dengan toko Anda.

Baca Juga : Apa Itu Program Loyalitas dan Mengapa Itu Penting Bagi Bisnis Anda?

Mengetahui Kebutuhan

Anda tidak harus memiliki brand terkenal untuk memikat hati banyak orang. Karena dewasa ini, banyak konsumen seringkali mencari produk berdasarkan kebutuhan dan bukan sekedar brand terkenal saja. Biasanya target market yang mementingkan brand ini adalah para milenial.

Adalah penting untuk benar-benar mengenal kebutuhan mereka. Untuk menciptakan kesan yang baik, buatlah pelayanan yang prima. Karena banyak konsumen menyadari produk baik harus punya pelayanan yang juga maksimal.

Keamanan Adalah Hal Yang Tidak Bisa Ditawar

Pasar online sangat mementingkan privasi atau keamanan dalam bertransaksi. Riset Accenture menunjukkan bahwa, 78% konsumen digital di Indonesia mementingkan keamanan bertransaksi. Lalu, 60% mementingkan privasi ketika sedang menggunakan internet.

Bagi pembeli, kebutuhan keamanan ketika bertransaksi adalah hal yang tidak bisa ditawar lagi. Sebagai penyedia kebutuhan konsumen apalagi online, Anda tentunya dituntut untuk bisa menyediakan keamanan di samping kenyamanan.

Hadirkan Pengalaman (Consumer Experience)

Dewasa ini, pengalaman serta cerita dibalik produk dianggap lebih penting bagi para generasi milenial, sebagai market terbesar dari pasar digital. Memberikan pengalaman unik saat menggunakan atau membeli produk Anda, akan memberikan sensasi tersendiri.

Orisinalitas cerita dibaliknya bisa menjadi sebuah pertimbangan penting bagi kaum milenial ketika akan memilih sebuah produk. Bukan hanya itu, suasana yang dihadirkan berbeda juga bisa menghadirkan pengalaman yang unik.

Bagaimana , apakah Anda sudah  mengerti cara memahami konsumen untuk bisnis Anda? Ternyata bukan hanya kualitas produk saja yang yang diperlukan, tetapi kepercayaan dan juga adanya pengalaman yang unik bisa menjadi sarana untuk menggaet konsumen lebih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan?